7 Makanan Ambon yang Harus Kamu Coba Sebelum Kamu Mati

Ale su pi Ambon Balom? Katong pung makanan paleng sadap…!

Kamu sudah pernah pergi ke Ambon Belum? Kita punya makanan paling sedap…!

Nah itulah arti bahasa diatas. Tidak afdhol kalau mengunjungi suatu daerah tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Pada kesempatan kali ini Ichal Office akan meramu kuliner khas Ambon yang terkenal dengan ungkapan kota Ambon Manise. Yang mau ke Kota Ambon Manise mari intip dulu kulinernya ya.

1. Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Kalau katanya orang, belum ke Ambon namanya belum makan papeda. Makanan satu ini merupakan kuliner paling utama di Ambon, karena hampir setiap keluarga memakannya sebelum makan nasi. Papeda terbuat dari tepung sagu dan rasanya tawar. Karena itu, Papeda dimakan bersama Ikan Kuah Kuning. Di Ambon, papeda kamu bisa temukan di hampir semua restauran.

2. Kopi Sibu-sibu

Warung kopi yang berada di jalan Said Perintah ini merupakan salah satu kedai kopi yang harus didatangi kalau kamu ke Ambon. Disini, kamu wajib mencoba kopi Rarobang (Jahe). Pasangan yang pas sambil minum kopi adalah pulut siram, Koyabu, Kasbi Tone (getuk) dan embal kacang.

3. Nasi Kuning Bagadang

Ini nih kulinernya malam Kota Ambon. Nasi kuning bagadang ini hanya dijual dari jam 19.00 WIT hingga dini hari pukul 03.00 WIT. Depan masjid raya Al-Fatah dan perempatan Tugu Trikora Kota Ambon merupakan salah satu tempat favorit bagi para penikmat nasi kuning bagadang ini. Soal rasa, jangan ditanya gurihnya. Kamu juga bisa menambahkan ikan, serundeng, acar, sambal goreng, sambal mentah, ayam goreng, telur, perkedel dan sebagainya. Dijamin nasi ini bisa membuat kamu ‘Begadang Lagi’.

4. Rujak Natsepa

Dari namanya saja sudah pasti lokasinya berasa di pantai Natsepa. Sebenarnya, rujak Natsepa ini hampir tidak ada bedanya dengan rujak lainnya. Rujak Natsepa ini berisi Jambu air, Nenas, pepaya, ketimun, belimbing dan kedondong. Yang membuatnya berbeda karena ada potongan buah pala yang dicampur dengan irisan gula merah dan kacang tanah goreng. Ini merupakan rujaknya orang Ambon, jadi jangan lupa makan rujak satu ini kalau ke pantai Natsepa. Habis makan, bisa langsung berenang di pantai Natsepa yang bersih.

5. Ikan Asap (Asar)

Sebenarnya, kalau di Ambon nama makanan ini berganti menjadi Nama Ikan Asar. Hal itu karena ikan ini bertahan hingga satu minggu. Rata-rata ikan yang digunakan adalah ikan tuna, tongkol dan cakalang. Cara memasaknya pun unik, yaitu ikan utuh yang dibumbui terlebih dahulu, ditusuk dengan bambu dan di bungkus dengan daun pisang kemudian diasapi sampai masak. Ikan asar ini bisa kamu dapatkan di pasar Mardika Kota Ambon.

6. Sambal Colo-colo

Kalau sudah berbicara ikan asar, wajib juga meembicarakan sambal colo-colo juga. Sambal ini bisa kamu temukan bersamaan dengan penjual ikan asar. Sambal ini terbuat dari bawang merah, jeruk nipis, cabai rawit dan tomat. Kemudian diiris tipis-tipis dan dicampur jadi satu wadah bersama kecap manis. Uniknya, sambal colo-colo ini juga ditambahkan daun kemangi sebagai penambah rasa. Nikmat itu pasti.

7. Bagea, Kue Tumbu dan Kue Kenari

Berbagai camilan khas Ambon ini perlu kamu coba kalau kamu ke Ambon. Memang sepintas ini merupakan kue keras semua, jadi kamu bisa menikmatinya bersama kopi. Tapi sekali makan, kamu bisa ketagihan nanti. Nah untuk membeli kue-kue ini, kamu bisa pergi ke pasar Mardika. Deretan pedagang yang berada dipasar itu siap membantumu untuk memilih yang terbaik dari kota Ambon.

Itulah keragaman kuliner Ambon yang bisa membuatmu kangen terus. Tertarik datang ke Ambon?