Aneh Pisang Ambon Hilang di Ambon

Pisang Ambon tidak ditemukan di Kota Ambon, mengapa demikian ? Namanya Pisang Ambon harusnya ada di Kota Ambon. Coba berbelanja di pasar-pasar tradisional lalu pergi ke penjual buah. Tanyakan apakah ada menjual pisang ambon atau tidak. Pasti jawabannya disini tidak ada menjual Pisang Ambon.

Tetapi bila diperhatikan secara seksama di antara buah-buahan yang dijual.. pasti ditemukan ada Pisang Ambon disitu. Kenapa demikian ? iya Karena Pisang Ambon di Kota Ambon namanya adalah PISANG MEJA. Pisang ini selalu disajikan di meja makan untuk dinikmati sebagai makanan penutup, sehingga disebut PISANG MEJA.

Jadi ingat kalau pergi ke pasar tradisional di kota Ambon untuk membeli pisang ambon, tanyakan apakah ada menjual PISANG MEJA atau tidak kepada pedagangnya.

Nutrisi yang terdapat dalam Pisang AMBON sangat tinggi terdiri atas mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak dan lain-lain. Apabila Anda hanya mengkonsumsi buah pisang saja, maka secara minimal gizi yang dibutuhkan sudah tercukupi.

Manfaat pisang ambon adalah sebagai berikut :

1. Pencernaan.

Manfaat ini bisa langsung dirasakan saat pertama kali mengkomsumsi pisang ambon karena tingginya kandungan serat yang ada didalamnya. Kandungan serat yang ada di dalam buah apapun akan efektif dalam membantu BAB rutin dan teratur setiap hari.

2. Mengurangi rasa nyeri persendian.

Pisang mengandung vitamin B6 dapat digunakan untuk menjaga kesehatan persendian. Bagi anda yang sering mengalami masalah nyeri di persendian, bisa mengkonsumsi rutin pisang ambon.

3. Mengurangi stress atau memberikan ketenangan.

Pisang ambon mengandung Serotonin yang dapat menenangkan dan mengurangi emosi bagi orang yang sedang stres. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya pisang dikonsumsi salam keadaan tidak digoreng atau direbus.

4. Menjaga berat badan ideal.
Cara terbaik untuk mewujudkan menjaga berat badan adalah dengan mengkomsumsi 4 pisang ambon perhari, atau agar lebih maksimal pisang ambon bisa dibuat jus dengan menambahkan susu dengan perbandingan 1:1.

5. Mencegah osteoporosis.

Kandungan kalsium dalam pisang sangat tinggi (mencapai 6 mg per 100 gram per satu pisang ambon). Sehingga bagi anda yang ingin mencegah osteoporosis sebaiknya mulai mengkonsumsi rutin pisang ambon karena mencegah lebih baik dibandingkan mengobati.

6. Menjaga kesehatan kulit.

Adapun ramuan yang digunakan adalah mencampurkan 1 buah pisang dengan setengah cangkir yoghurt tawar dan satu sendok makan madu. Ketiga bahan tersebut dilumatkan dan diaduk rata. Setelah itu gunakan ramuan tersebut digunakan sebagai masker ke seluruh wajah dan leher. Setelah didiamkan selam 10 menit, wajah dan leher dibilas dengan air dingin hingga bersih. Apabila anda biasa menggunakan sabun wajah khusus, sebaiknya setelah 10 menit wajah dibersihkan dengan air.

7. Untuk ibu hamil

Pisang juga disarankan bagi wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

8. Penderita Anemia
Dua pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

9. Penyakit usus dan perut
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan kholik untuk menetralkan keasaman lambung. Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yang belum matang yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda, merupakan makanan tambahan bagi orang yang menderita penyakit gula.

10. Baik bagi penderita lever
Penderita penyakit lever bagus mengkonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

11. Bagi luka bakar
Daun pisang digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

12. Sumber energi

Pisang ambon dapat dicerna dengan mudah, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat.

Pisang Ambon yang sudang matang, kulitnya berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning. Pisang matang lebih mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorsi ke dalam peredaran darah.